Ramadhan sebentar lagi.!!!

Saudara-saudaraku -semoga Allah merahmati kalian-. Alhamdulillah bulan yang penuh barakah dan penuh ampunan akan menjumpai kita sebentar lagi. Tentulah kita akan meningkatkan ibadah dibulan yang penuh barakah dan ampunan ini. Allah Azza wa Jalla telah menjelaskan keutamaan-keutamaannya, seperti firman Allah Ta’ala

Artinya : Dan kalau kalian berpuasa itu lebih baik bagi kalian kalau kalian mengetahuinya. (Surat Al-Baqoroh : 184)

Dan Alhamdulillah bulan yang penuh barakah dan ampunan itu tinggal beberapa hari lagi, dihitung dengan jari pun, jari kita lebih. Ini menandakan bahwa bulan yang penuh berkah dan ampunan itu begitu dekat dan akan menajadi tamu kita untuk menghaphapus dosa-dosa kita. Kita patut bangga dan bahagia karena kita mendapat tamu bulan yang penuh barakah dan ampunan. Saudaraku, Ramadhan adalah bulan kebaikan dan barakah, Allah memberkahinya dengan banyak keutamaan diantaranya dalah sebagai berikut :

Ramadhan adalah Bulan Al-Qur’an.

Bulan Ramadhan itulah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an yang menjadi petunjuk bagi manusia, dan menjadi keterangan-keterangan dari petunjuk itu dan membedakan antara yang hak dan yang bathil. Maka barang siapa diantara kamu melihat bulan itu hendaklah ia berpuasa.” (Surat Al-Baqoroh :185)

Dan didalamnya terdapat malam yang paling di idam-idamkan oleh umat muslim, yaitu malam Lailatul Qodar, yaitu satu malam di bulan Ramadhan pada 10 hari terakhir dan malam yang lebih baik pada malam seribu bulan. Allah Subhanahu wata’ala berfirman :

Artinya : [1] Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan. [2] Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? [3] Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. [4] Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. [5] Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. [QS Al Qadar: 1 – 5]

Dibelenggunya syaithan, ditutupnya pintu-pintu neraka dan di bukanya pintu-pintu surga.

Pada bulan ini kejelekan menjadi sedikit, karena dibelenggu dan diikatnya jin-jin jahat dengan salasil (rantai), belenggu. Karena kaum muslimin sibuk dengan puasa, hingga hancurkan syahwat, dan juga karena bacaan Al-Qur’an serta seluruh ibadah yang mengatur dan membersihkan jiwa. Hadiah orang itu berpuasa itu besar sekali. Allah berfirman :

Artinya : “Telah diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang dahulu sebelum kamu, supaya kamu bertaqwa.” (Surat Al-Baqoroh :183).

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam bersabda :

Artinya : “Jika datang bulan Ramadhan dibukalah pintu-pintu syurga, dan ditutup pintu-pintu neraka, dan dibelenggulah syaithan“. (HR Bukhori (4/97) dan Muslim (1079))

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

Artinya: “Wahai sekalian para pemuda, barang siapa diantara kalian telah mampu menikah hendaklah menikah, karena menikah lebih menundukan pandangan, dan lebih menjaga kehormatan. Barang siapa yang belum mampu menikah, hendaklah puasa karena puasa merupakan (pemutus syahwat) baginya” (HR. Bukhori (4/106) dan Muslim (no. 1400) dari Ibnu Mas’ud)

Bersabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam :

Artinya : “Tidaklah ada seorang hamba yang puasa di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim” HR. (Bukhori (6/35) dan Muslim (1153) dari Abu Sa’id AlKhudri, ini adalah lafadh Muslim. Sabda Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasalam : 70 musim yakni : perjalanan 70 tahun demikian dikatakan dalam Fathul Bari (6/48))

Puasa memasukan seorang hamba ke dalam syurga.

Hadiah orang yang ikhlas dalam berpuasa begitu besar dan sangat di cita-citakan oleh umat muslim, yaitu Syurga. Sesuai sabda Nabi Shallallahu alaihi wasalam :

Dari Abi Umamah radhiallahu ‘anhu : Aku berkata : “Ya Rasulullahu tunjukkan padaku amalan yang bisa memasukanku ke syurga; beliau menjawab: Atasmu puasa, tidak ada (amalan) yang semisal dengan itu.” (HR Nasa’I (4/165), Ibnu Hibban (hal. 232 Mawarid) dan Al-Hakim (1/421))

Bau mulutnya orang yang puasa lebih wangi dari baunya misk (minyak kasturi)

Ini salah satu ujian untuk kita semua. Yaitu syurga diliputi apa-apa yang tidak kita senangi. Salah satunya adalah bau mulut, tp ini semua disisi Allah semua itu sangat mulia.

Dari Abi Hurairah radhiallahu ‘anhu : Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Semua amalan bani Adam untuknya kecuali puasa (Yakni : baginya pahala yang terbatas, kecuali puasa karena pahalanya tak terbatas), karena puasa itu untuk Aku dan Aku akan membalasnya, puasa adalah perisai, jika salah seorang kalian sedang puasa janganlah berkata keji dan berteriak-teriak, jika ada orang yang mencercanya atau memeranginya, ucapkankanlah : Sesungguhnya aku sedang berpuasa, demi Dzat yang jiwa Muhammad di tangan-Nya sesungguhnya bau mulut orang yang puasa lebih wangi di sisi Allah daripada bau minyak misk (kesturi), dan bagi orang yang puasa padanya dua kegembiraan, jika berbuka ia gembira dengan berbukanya dan jika bertemu dengan Rabbnya, ia gembira karena puasanya.” (HR. Bukhri (4/88), Muslim (no. 1151) ini lafadz Bukhori)

Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafaat kepada ahlinya :

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda (yang artinya) : “Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafaat kepada hamba di hari kiamat, puasa akan berkata : Wahai Rabbku, aku menghalanginya dari makan dan syahwat, berilah dia syafaat karenaku, Al-Qur’an pun berkata : Aku telah menghalanginya dari tidur di malam hari, berilah dia syafaat. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda : maka keduanya memberi syafaat.” (Ahmad (no.6626), Hakim (1/554), Abu Nu’aim (8/161))

Puasa merupakan kafarat (Pelebur dosa).

Diantara keistimewaan puasa, yang tidak ada dalam amalan lain adalah, Allah menjadikannya sebagai kafarat bagi orang yang berpuasa dan bersedekah, sebagaimana dalam hadits dari Hudzaifah Ibnul Yaman radhiallahu ‘anhu, berkata Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam :

Artinya : “Fitnah pria dari keluarga (istri), harta dan tetangganya, bisa dihapuskan oleh shalat, puasa dan shodaqoh.” (HR. Bukhori (2/7) dan Muslim (144))

Berpuasa juga akan menjaga dan melatih kesabaran kita dalam bergaul dengan tetangga, teman, saudara, maupun orang-orang yang membenci kita. Perintah ini sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam :

Artinya : Pada hari saat salah seorang di antara kalian berpuasa, maka janganlah dia berkata kotor atau berteriak-teriak. Jika dia dicaci atau diajak bertengkar seseorang, maka hendaklah dia berkata, Aku sedang berpuasa. (Muttafaq Alaihi).

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam sendiri selalu berusaha memperbanyak amal-amal shalih pada bulan Ramadhan, yang tidak beliau lakukan di bulan-bulan yang lain, terutama pada sepuluh hari yang terakhir.

Dari Aisyah Radhiallahu Anha, dia berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam meningkatkan ibadahnya pada bulan Ramadhan yang tidak beliau lakukan pada bulan-bulan yang lain, dan pada sepuluh hari terakhir, yang tidak beliau lakukan pada hari-hari yang lain. (Diriwayatkan Muslim)

Juga dari Aisyah, dia berkata, Jika memasuki sepuluh hari yang terakhir dari bulan Ramadhan, maka Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menghidupkan seluruh waktu malamnya, membangunkan keluarganya, bersungguh-sungguh dan mengencangkan kain penutup badan. (Muttafaq Alaihi)

Sahur itu adalah berkah

Dalam hal ini wanita yang harus menyediakan makan untuk suami dan anak-anaknya, agar dapat besegera dalam melaksanakan sahur. Karena Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam memerintahkan untuk makan sahur, karena di dalamnya terkandung berkah. Beliau bersabda,

Sahurlah kalian, karena di dalam sahur itu ada barakah (Muttafaq Alaihi)

_____

“Alhamdulillah, basahnya pipiku mendapingiku dalam menulis artikel ini. Aku begitu kangen dan rindunya kepada bulan yang mulia itu, poenuh barakah, nikmat dan rahmat serta ampunan”,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: