Apa itu salaf

Apa itu salaf

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Sesunguhnya sebaik-baik salaf bagimu adalah aku”. [Hadits Shahih, Riwayat Muslim (no. 1450)]

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: Terus menerus ada sekelompok dari ummatku yang mereka tetap nampak di atas kebenaran, tidak membahayakan mereka orang mencerca mereka sampai datang ketentuan Allah (hari kiamat) dan mereka dalam keadaan seperti itu. [Hadits Shahih, dikeluarkan Oleh Muslim dari Tsauban. Dan hadits semakna diriwayatkan Bukhari & Muslim, muttafaqun ‘alaih].

Imam Ibnul Mubarak (wafat 181 H) berkata: Tinggalkanlah hadits Amr bin Tsabit karena ia mencerca para ulama salaf. [ Muqoddimah Shohih Muslim jilid 1 hal. 16]

Al-Imam Al-Auza’i (wafat 198 H) berkata: “Wajib bagimu untuk mengikuti jejak salaf walaupun orang-orang menolakmu dan hati-hatilah dari pemahaman/pendapat tokoh-tokoh itu walaupun mereka mengemasnya untukmu dengan kata-kata (yang indah).” [Asy-Syari’ah, Al-Ajurri hal. 63]

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah (wafat 728 H) berkata: “Tidak tercela bagi siapa saja yang menampakkan manhaj salaf, berintisab dan bersandar kepadanya, bahkan yang demikian itu disepakati wajib diterima, karena manhaj salaf pasti benar.” [Majmu’ Fatawa 4/155]. Beliau juga berkata: “Bahkan syi’ar ahlul bid’ah adalah meninggalkan manhaj salaf.” [Majmu’ Fatawa 4/155]


Segala puji bagi Allah yang telah mengutus Nabi Muhammad shallallahu “alaihi wa sallam dan membangkitkan para sahabat sebagai pendamping dan pembela dakwah beliau. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Muhammad, keluarga dan para pengikutnya yang setia hingga akhir masa. Amma ba’du…

Kaum muslimin, semoga Allah melimpahkan hidayah dan taufik-Nya kepada kita…

Berkembangnya dakwah Salafiyah di kalangan masyarakat dengan pembinaan yang mengarah kepada perbaikan ummat di bawah tuntunan Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam adalah suatu hal yang sangat disyukuri. Akan tetapi di sisi lain, orang-orang menyimpan dalam benak mereka persepsi yang berbeda-beda tentang pengertian Salafiyah itu sendiri sehingga bisa menimbulkan kebingungan bagi orang-orang yang mengamatinya, maka untuk itu dibutuhkan penjelasan yang jelas tentang hakikat Salafiyah itu.

Seringkali masyarakat dibingungkan oleh sebuah istilah yang belum mereka mengerti dengan baik. Sayangnya, dibangun di atas kebingungan inilah kemudian muncul berbagai persangkaan dan bahkan tuduhan bukan-bukan kepada sesama saudara seiman. Perlu kita ingat bersama bahwa cek dan ricek merupakan bagian dari keindahan ajaran Islam yang harus kita jaga.

Dikatakan dalam sebuah sya’ir,

و كم من عائب قولا صحيحا و آفته من الفهم السقيم

Berapa banyak orang yang mencela ucapan yang benar
Sebabnya karena pemahaman yang buruk

Dewasa ini, di hadapan kita ada istilah yang cukup populer namun sering disalahpahami oleh sebagian orang. Istilah yang dimaksud adalah kata salaf atau salafi dan salafiyah. Banyak orang yang tidak mengetahui apa makna salafi, sehingga beropini negatif terhadap segala sesuatu yang “berbau” salafi. Sebenarnya apakah salaf / salafi / salafiyah itu?

Selain itu, ada pula istilah lain yang populer yaitu Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Banyak orang yang salah memahami Ahlus Sunnah wal Jama’ah, sehingga mereka beranggapan bahwa yang dimaksud ASWJ adalah orang yang bertasawuf Al-Ghazali + bermadzhab Asy-Syafi’i + ber’aqidah Al-Asy’ari, padahal sangatlah jauh makna Ahlus Sunnah dari apa yang mereka sangka tersebut.

Menimbang pentingnya hakikat permasalahan ini untuk diungkap dan dijelaskan maka kami memohon pertolongan kepada Allah ta’ala untuk turut berpartisipasi mengurai “benang kusut’ ini.

Melalui link yang disediakan di bawah, insyaaAllah tersedia rangkaian artikel yang menjelaskan tentang masalah-masalah tersebut… silakan diklik >>

InsyaaAllah bermanfaat untuk memberikan penjelasan tentang :

  • Makna manhaj, makna salaf, makna manhaj salaf, wajibnya mengikuti jalan salafush shalih, mengapa memilih manhaj salaf, tanya jawab ttg manhaj salaf, penjelasan bahwa salafiyah = Ahlus Sunnah, dll…
  • Makna ASWJ, ciri-ciri dan sifat ASWJ, prinsip-prinsip ASWJ dalam aqidah-muamalah-dakwah, penjelasan Asy’ariyyah bukan Ahlus Sunnah, penjelasan Salafiyah = Ahlus Sunnah, dll…
  • Klarifikasi atas berbagai tuduhan dusta terhadap dakwah salaf (misal : tuduhan antek penguasa, tuduhan agen Yahudi, tuduhan anti jihad, tuduhan anti politik (syar’i), tuduhan ghibah, tuduhan jumud, tuduhan keras, tuduhan menang sendiri, tuduhan mudah mengkafirkan, tuduhan pemecah-belah, tuduhan antek Saudi, tuduhan murji’ah, tuduhan salafi = sekte baru, tuduhan hizbiyyah, tuduhan tidak kreatif (karena tidak berbuat bid’ah), tuduhan Wahhabi, tuduhan tidak peduli urusan ummat Islam, dan berbagai tuduhan lainnya..
  • Kumpulan kisah mereka yang beralih kepada manhaj salaf setelah sebelumnya berkecimpung di berbagai harakah. (seperti yang dialami webmaster situs ini)
  • Manhaj (metode) nasehat & kritik Ahlus Sunnah yang sering disalahfahami banyak orang sebagai manhaj pecah belah / ghibah
  • Kondisi ummat Islam yang terpecah belah. Realita perpecahan, sabda nabi ttg perpecahan ummat, penyebab perpecahan, serta solusi untuk mempersatukan ummat di atas sunnah.

Semoga Allah membalas usaha kecil kami ini dengan balasan yang berlipat ganda, dan semoga Anda mendapat manfaat dari usaha yang sederhana ini. Wa akhiiru da’waana ‘anil hamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin.



Penjelasan ringkas istilah-istilah yang dipakai dalam pembahasan ::

  • Manhaj = Metode / cara / prinsip / jalan. Dalam konteks bahasan di atas, adalah jalan memahami Islam.
  • Salafush Shalih = Para pendahulu yang shalih. Dalam konteks ini maksudnya adalah pendahulu ummat Islam, yaitu para sahabat Nabi serta generasi yang mengikuti mereka dan berjalan di atas manhaj mereka.
    “Salaf adalah generasi awal umat ini, yaitu para sahabat, tabi’in dan para imam pembawa petunjuk pada tiga kurun yang mendapatkan keutamaan (sahabat, tabi’in dan tabi’ut tabi’in, -red). Dan setiap orang yang meneladani dan berjalan di atas manhaj mereka di sepanjang masa disebut sebagai salafi sebagai bentuk penisbatan terhadap mereka.” (Mujmal Ushul Ahlis Sunnah wal Jama’ah fil “Aqidah, hal. 5-6)
  • Manhaj Salaf = Metode memahami, mengamalkan dan mendakwahkan Islam seperti yang difahami, dimalkan dan didakwahkan oleh para sahabat nabi, para penerus mereka, dan para imam yang berada di atas sunnah dari zaman ke zaman.
  • Salafi = Orang-orang yang berusaha [bukan mengklaim] mengikuti jejak para salaf, para sahabat dan salafush shalih. Dan sebaik-baik salaf adalah Nabi Muhammad shallallahu ‘ alaihi wa sallam.

Manhaj salaf salafi salafy salafiyah salafiyyah salafiyin salafiyyin salafiyun salafiyyun salafyoon. Manhaj ahlussunnah ahlu ahlus sunah sunnah wal jamaah jama’ah. Fitnah wahab wahhab wahabi wahaby wahhabi wahhaby.

Satu Tanggapan

  1. Salamuáleykum wr wb,

    Barakallahu fiek atas wbsite ini. Bolehkah saya bertanya di forum ini mengenai hal pribadi? atau saya ingin bertanya kepada ulama salafi di indonesia mengenai hal yang sangat penting, saya tinggal di Eropa dan saya ingin meminta penjelasan dalam bhs Indo.

    Jazakallahu khoir

    Wassalamualeykum wr wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: