Nama-nama Dilarang dalam Islam

Nama-nama Dilarang dalam Islam

Abkam

=

Tidak celik, buta

Abiqah

=

Hamba yang lari dari tuannya

Afinah

=

Yang bodoh

Asyar

=

Paling jahat

Asyirah

=

Yang tidak bersyukur atas nikmat

Amah

=

Hamba suruhan perempuan

Baghiah

=

Yang zalim, jahat

Bahimah

=

Binatang

Balidah

=

Yang bodoh, bebal

Bakiah

=

Yang menangis, merengek

Baqarah

=

Lembu Betina

Batilah

=

Yang batil, tidak benar

Dabbah

=

Binatang

Dahriyah

=

Yang mempercayai alam wujud dengan sendirinya

Dahisyah

=

Goncang, stress

Darakah

=

Kedudukan yang rendah

Daniyah

=

Yang lemah dan hina

Dami’ah

=

Yang mengalir air matanya

Fasidah

=

Yang rosak, yang binasa

Fasiqah

=

Yang jahat, si fasik

Fasyilah

=

Gagal, kalah

Fajirah

=

Yang jahat, yang berdosa

Faji’ah

=

Kecelakaan

Ghafilah

=

Yang lalai, yang leka

Ghailah

=

Kecelakaan, bencana

Ghaibah

=

Hilang

Ghasibah

=

Perampas, perompak

Ghamitah

=

Yang tidak mensyukuri nikmat

Ghawiah

=

Yang sesat, yang mengikut hawa nafsu

Haqidah

=

Yang dengki

Hasidah

=

Yang hasad

Hazinah

=

Yang sedih

Huzn

=

Kesedihan

Khabithah

=

Yang jahat, yang keji

Khali’ah

=

Yang tidak segan silu, mengikut hawa nafsu

Khati’ah

=

Yang bersalah, yang berdosa

Khasirah

=

Yang rugi

Khamrah

=

Arak

Jariah

=

Hamba suruhan perempuan

Jafiah

=

Yang tidak suka berkawan

Kaibah

=

Yang sedih

Kafirah

=

Yang kafir, yang ingkar

Kamidah

=

Yang hiba, yang sangat berduka

Kazibah

=

Pendusta, pembohong

Lahab

=

Bara api

Laghiah

=

sia-sia, tidak berfaedah

La’imah

=

Yang tercela

Lainah

=

Yang terkutuk

Lahifah

=

Yang sedih, menyesal dan dizalimi

Maridah

=

Yang menderhaka

Majinah

=

Yang bergurau senda tanpa perasaan malu

Majusiah

=

Agama menyembah api atau matahari

munafikah

=

Yang munafik

Musibah

=

Celaka, bencana, kemalangan

Nariah

=

Api

Nasyizah

=

Yang menderhaka dan melawan suami

Najisah

=

Yang najis dan kotor

Qabihah

=

Yang buruk, hodoh

Qatilah

=

Pembunuh

Qasitah

=

Yang melampaui batasan dan menyeleweng dari kebenaran

Qazurah

=

Kejahatan, perzinaan

Rajimah

=

Yang direjam, yang dilaknat

Razi’ah

=

Kecelakaan, musibah

Razilah

=

Yang keji dan hina

Sakitah

=

Yang jatuh, yang hina, yang jahat

Safilah

=

Yang rendah dan hina

Sahiah

=

Yang pelupa

Sakirah

=

Pemabuk

Syafihah

=

Yang bodoh

Syaridah

=

Yang diusir

Syaqiyah

=

Yang menderita

Syarrul Bariyyah

=

Sejahat-jahat manusia

Syani’ah

=

Yang buruk

Syarisah

=

Yang buruk akhlak

Syatimah

=

Maki hamun

Syariqah

=

Pencuri

Talifah

=

Yang rosak, yang binasa

Tarbiyah

=

Yang papa kedana

Tarikah

=

Anak dara tua

Tafihah

=

Karut

Talihah

=

Yang tidak baik

Yaisah

=

Yang berputus asa

Yabisah

=

Yang kering, yang sedikit kebaikannya

Wahinah

=

Penakut

Waqihah

=

Yang kurang sopan dan malu

Wasikhah

=

Yang kotor

Wasyiah

=

Yang mengumpat, yang mengadu dombakan orang

Wahimah

=

Yang lemah

Wahiah

=

Yang lemah, yang jatuh, yang buruk

Wajilah

=

Penakut

Wailah

=

Bencana, keburukan

Waqi’ah

=

Pertempuran dalam peperangan, umpatan

Zalijah

=

Kebinasaan

Zalilah

=

Yang hina

Zalimah

=

Yang zalim

Zaniyah

=

Penzina, pelacur

Zufafah

=

Racun pembunuh

http://www.darulnuman.com/

compiled by abu shafa©

About these ads

18 Tanggapan

  1. islam atau arab sih?

  2. @budi
    islam atau arab apa maksudnya..??
    kalo ana islam, dan islam itu bkn agama yang hanya untuk orang arab aja,untuk semua umat di seluruh dunia.
    itu nama2 yang dilarang dalam islam.

  3. Kalau qotil aja ga pake ah kan sama artinya pembunuh itu kan isim fail boleh ga? Hayo

  4. anne tambah lagi neh :
    – matiyem
    – edane
    – bispak
    – lonte
    – gelo
    – sedo

  5. tanya.
    kenapa nama yang artinya api dilarang?
    api kan bermanfaat. bara api juga bermanfaat. tiap hari pake.

    makasih…

    • memang nggak boleh krn nama adalah doa&klu diberi nama yg artinya api bisa jd anaknya bersifat sebagai api yg bisa menerangi orang lain tp tdk bs menolong dirinya&jg api bs membahayakn org lain yg bersifat panas

  6. saya jadi inget tetangga yg ngasih nama anaknya : DAJJAL dan FIRAUN :(

  7. @Amaranth
    karena api lebih banyak modoratnya daripada manfaatnya dan apai adalah media yang akan membakar kita di akhirat kelak.

  8. Kalo nama “Amat Mubazier” boleh ndak? Kayaknya keren tuh

  9. Lagian emak gila n kurang kerjaan yg ngasi anaknya nama jelek…

  10. Assalamu’alaikum…
    Alhamdulillah artikel ini masuk dalam artikel pilihan muslimaya.com – Muslim Social Bookmarking
    Dukung artikel ini agar menjadi artikel favorit
    disini

    http://www.muslimaya.com/bookmark/story.php?title=Nama-nama_Dilarang_dalam_Islam_%AB_Dengan_Jalan_Salafus_Shalih_Kami_Menuju_Jannah

  11. jangan dilupakan, bahwa nama Ratu Adil atau Sabdo Palon, juga termasuk nama-nama yang terlarang dalam Islam. Karena sanggat menggiriskan hati bagi muslim yang mendengarnya.

  12. mau tanya arti barrah apa ya?
    kenapa tidak ada di list yang di atas?
    setau saya ada hadist yg melarang menggunakan nama barrah.
    apakah sama barrah yg dilarang tersebut dengan barra yg berarti bersih?
    karena istri saya ingin anak kami yang akan lahir diberi nama barra.

  13. kalo maharaya boleh gak ya?

  14. nama adalah do’a orang tua kepada anaknya dan berharap anaknya seperti arti namanya, jadi nggak usah didebat kusir karena banyak lagi nama yang nggak pantes dan membebani pikiran anak kelak dewasa, misalnya karena orang jawa dan punya anak pertama laki-laki terus dikasih nama EKO KETEK, atau supaya kelehatan keren dikasih nama DOBLEDEN GENJIK lho opo ora mesakne bocahe.

  15. kalu arti nama rena dalam islam apa ya? Tolong dijawab ya,,,makasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: